Bara Foundation - Yassonna Laloly Terima Keris

Yasonna Laoly Terima Keris Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly mengunjungi sentra pelestari budaya keris, Prapen Wesiaji, Senin (10/8/2020).

Prapen Wesiaji merupakan satu pelestari budaya di Bali yang bergerak dalam bidang seni dan budaya khususnya melestarikan budaya keris yang merupakan salah satu karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia menurut UNESCO.

Dalam kunjungan itu, Yasonna Laoly menerima keris Celedu Nginyah atau kalajengking yang berjemur, dari Pande I Made Gede Suardika di Jalan Kenyer, Gg. Majagau No. 6, Desa Sumerta Kaja, Denpasar Timur, Bali.

“Filosofinya keris dibuat bukan untuk menghadapi musuh tapi untuk menghadapi hawa nafsu dalam diri,” kata Yasonna Laloy. Sebagai Menteri, Yasonna Laoly berharap tradisi seni dan budaya terus dilanjutkan ke generasi muda. 

“Saya baru tahu bahwa proses pembuatan keris ternyata tidak mudah dan tidak cepat. Prapen Wesiaji telah mendapatkan sertifikat merek. Saya harap merek tersebut dapat menjadi nilai tambah untuk Prapen Wesiaji,” ucapnya.

“Kami membuat keris bukan untuk dijual,” tegas Pande Made Gede Suardika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *